Doa yang Sebaiknya Anda Panjatkan Setelah Sholat - KORAN TODAY

Breaking

BANNER 728X90

Selasa, 07 Agustus 2018

Doa yang Sebaiknya Anda Panjatkan Setelah Sholat

Sholat merupakan rukun Islam kedua yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Sholat merupakan tiang agama, jika anda melakukannya dengan betul-betul khusyu hanya mengharapkan ridho dari Allah, niscaya anda akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Hukum sholat adalah fardhu 'ain, barang siapa yang meninggalkannya maka ia mendapatkan dosa besar. Bahkan, sholat menjadi amalan pertama yang dihisab oleh Allah SWT di hari akhir kelak.
Doa yang Sebaiknya Anda Panjatkan Setelah Sholat
berdoa
Fokus pembahasan pada artikel kali ini bukanlah tentang tata cara sholat, melainkan mengenai doa yang sebaiknya dipanjatkan setelah anda melaksanakan sholat. Tentu hal ini perlu diketahui, kebanyakan seseorang jarang memanjatkan doa setelah melakukan ibadah sholat. Dengan alasan terburu-buru ataupun yang lainnya doa seakan menjadi sesuatu yang selalu diabaikan.

Sepenting apakah pekerjaan anda sehingga rela tidak berdoa? Padahal apa yang dapatkan semuanya pemberian Allah. Tidak sempatkah anda untuk sejenak berdoa sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan. Untuk itu, mari ubah kebiasaan tersebut dan cobalah setelah sholat membaca doa-doa berikut ini :

Doa Setelah Sholat

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. Hamdayyu-waafii ni’amahuuwayukaafi’u maziidah. Yaa rabbanaa lakalhamdu wa lakasy syukruka-maa yambaghiilijalaaliwajhika wa ‘azhiimisul-thaanik. Allaahumma shalliwasallim ’ala sayyidinaa muhammadiw wa ‘ala aali sayyidinaa muhammad shalaatan tun jihnaa bihatsa min jamii’il ahwaali wal aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al hajaat. Wa tuthahhirunaa bihaa min jamits sayyi’aat. Wa atarfa ‘unaabihaa ‘indaka ‘aladdarajaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayaati minjamii’il khairaatifil hayaati wa ba’dal mamaat. Innahu samii’un qariibum mujiibudda’awaat wayaa qaadhiyal hajaat

Rabbanagh firlanaa dzunuubanaa wa liwaalidiinaa walimasyaayikhinaa wa limu’alli-miinaa wa liman lahuu haqqun ‘alainaa wa liman ahabba wa ahsana ilainaa wa likaaffatil mus limiin ajma’iin. Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antas samii’ul ’aliim, wa tub’alainaa innaka antat tawwabur rahiim. Rabbanaa aatinaa fiduunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar. Washallallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihiwa shahbihiiwa sallam, wal hamdu lillaahirabbil ‘aalamiin

Artinya :
"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala macam ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya."

"Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam. Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan kami, beri kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka. Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam"

Itulah beberapa bacaan doa setelah sholat beserta artinya, semoga bermanfaat dan menbawa keberkahan bagi semua.