Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya - KORAN TODAY

Breaking

BANNER 728X90

Selasa, 07 Agustus 2018

Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya

Sholat Hajat merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan bagi seseorang yang memiliki keinginan/hajat untuk segera diwujudkan. Sholat ini sejatinya dapat dilakukan kapan saja (kecuali waktu-waktu yang dilarang melaksanakan ibadah sholat) namun yang paling afdol dilakukan pada saat sepertiga malam. Mengapa? Pada saat itu mayoritas orang beristirahat dan waktu itu kesempatan bagi anda untuk bermunajatan kepada Allah untuk mengabulkan setiap keinginan yang diminta.
Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya
doa sholat hajat
Tata Cara Sholat Hajat
1. Dimulai dengan membaca niat Sholat Hajat (Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.
2. Dilanjutkan dengan Takbiratul Ihram
3. Berdiri jika mampu
4. Pada rakaat pertama membaca Surah Al Fatihah dan Surah Al Kafirun sebanyak 10 kali. Sementara itu rakaat kedua membaca Surah Al Fatihah dan Surah Al Ikhlas 10 kali juga.
5. Untuk gerakan ruku, i'tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, duduk tasyahud akhir hingga salam sama seperti sholat seperti biasanya.
6. Setelah salam, sujud merendahkan diri kepada Allah SWT sembari membaca :
subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim sebanyak 10 kali, sholawat kepada Nabi Muhammad SAW 10 kali, serta doa sapu jagat sebanyak 10 kali.
7. Kemudian duduklah kembali dengan posisi duduk bersila dan disunnahkan untuk bertawasul dan membaca Surah Al Ikhlas, An Nas, Al Falaq, dan ayat kursi masing-masing 3 kali.
8. Membaca Sholawat Nariyah
9. Membaca Doa setelah sholat Hajat yang berbunyi :

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin

Artinya :
Tidak ada tuhan selain Allah yang Maha Penyantun dan Pemurah. Maha suci Allah, Tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung. Segala Puji bagi Allah Tuhan sekalian alam. Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.
Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih lagi Maha  Penyayang.

Selepas membaca doa Hajat tersebut, anda bisa langsung bermunajat kepada Allah swt untuk mengabulkan setiap hajat yang diinginkan dengan khusyu, tunduk, dan sebisa mungkin mengggunakan bahasa yang mudah anda mengerti. Semoga setelah menerapkannya semoga Tuhan  mengabulkan permohonan anda.