Doa dan Tata Cara Sholat Witir yang Harus Anda Ketahui - KORAN TODAY

Breaking

BANNER 728X90

Selasa, 07 Agustus 2018

Doa dan Tata Cara Sholat Witir yang Harus Anda Ketahui

Sholat witir, sholat ini juga digolongkan sebagai salah satu dari sholat malam yang sangat dianjurkan. Sholat witir dilakukan setelah melakukan sholat isya dan sebelum sholat subuh. Biasanya sholat ini dilaksanakan sehabis sholat tahajud atau sholat tarawih di bulan ramadhan. Jumlah rakaatnya yakni ganjil, tapi pada umumnya dikerjakan 1 atau 3 rakaat. Hukum sholat witir adalah sunnah muakad (mayoritas pendapat para ulama).
hukum,cara,niat,dan doa sholat witir
hukum,cara,niat,dan doa sholat witir
Keutamaan Shalat Witir
Shalat witir memiliki beberapa keutamaan diantaranya sebagai berikut :
1. Sebagai penyempurnaan sholat malam.
2. Sholat witir sangat dicintai Allah. Hal ini didasarkan pada Hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : “Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”
3. Dikabulkannya permohonan.
4. Mendapatkan petunjuk dan kekuatan dari Allah SWT
5. Disaksikan oleh para malaikat.

Tata Cara Sholat Witir
Sholat ini dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil dari 1 hingga 11 rakaat. Jika dikerjakan 1 rakaat maka hanya 1 kali salam, jika 3 rakaat maka sholat dilaksanakan dengan 2 rakaat 1 kali salam dan dilanjutkan dengan 1 rakaat 1 kali salam. Hal itu umum dilakukan. Berikut ini tata cara sholat witir selengkapnya :

A. Sholat Witir 1 Rakaat
·         Dimulai dengan niat. (Usholli sunnatal witri rok’atan lillahi ta’aalaa)
·         Kemudian dilanjutkan takbiratul ihram
·         Membaca iftitah (sunnah)
·         Membaca Surat Al Fatihah dan Surat Pendek
·         Rukuk, i'tidal, sujud hingga salam dilakukan sama seperti sholat seperti biasanya

B. Sholat Witir 3 Rakaat
·         Diawali niat dengan bacaan (Usholli sunnatal witri tslatsa roka’aatin lillahi ta’aalaa)
·         Takbiratul Ihram
·         Membaca doa iftitah
·         Membaca Surah Al Fatihah dan Surat Pendek (disunnahkan rakaat pertama adalah Al A'la, rakaaat kedua yaitu Al-Kafirun, serta di rakaat ketiga membaca 3 surat sekaligus (Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas)
·         Untuk rukuk hingga salam tidak ada perbedaan dengan sholat pada umumnya.

Doa Setelah Sholat Witir
Sesudah salam, dianjurkan untuk berwirid dan membaca doa witir berikut ini :
Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a 'aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina

Artinya :
"Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

"Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

Itulah sedikit ilmu tentang sholat witir yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat bagi semua.